Cara Berbisnis Tanpa Menggunakan Modal

11:35
Modal yang minim tidak akan menjadi penghalang untuk memulai sebuah bisnis. Sebuah bisnis bisa dimulai walaupun Anda tidak mempunyai modal sama sekali. Kalau Anda masih beralasan modal minim, berarti Anda masih berada di zaman kuno.

Banyak kok orang yang memulai bisnis dengan modal minim atau bahkan tanpa modal. Dengan kondisi minim modal bukan berarti Anda harus meminjam uang dari bank karena teman dan relasi juga termasuk modal menjalankan bisnis.



Memulai sebuah usaha memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Tetapi dengan ketekunan dan keyakinan usaha tersebut akan bisa menjadi sukses. Banyak usaha besar yang dimulai dari nol dan tanpa modal.

Jatuh bangun dalam sebuah usaha memang harus dijalani. Tanpa sebuah kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang besar. Misalnya brownies, salah satu makanan yang sangat terkenal itu dimulai karena sebuah kegagalan.
cara berbisnis tanpa modal
Cara berbisnis yang baik harus dimulai dengan ilmu yang benar dan metode yang tepat.

Proses untuk mencapai kesuksesan memang sulit tetapi kita akan menuai sebuah kebahagiaan pada akhirnya.
Berikut ini adalah beberapa tips cara berbisnis dengan modal yang minim.

1. Memulai Usaha dengan Dropship


Cara berbisnis dengan modal minim yang pertama adalah dengan system dropship. Jika Anda tidak mempunyai modal sama sekali atau Anda masih bersekolah atau kuliah, Anda bisa memulai bisnis dengan cara dropship. Dropship adalah Anda menjual sebuah barang tetapi Anda tidak menstok barang tersebut. Anda memesan suatu barang pada orang pertama atau produsen kemudian Anda menjualnya kembali.

Anda hanya mengambil foto barang dengan ijin dari produsen. Jika barang yang Anda jual laku. Orang pertama akan mengirim barang ke konsumen Anda atas nama toko Anda. Biasanya system dropship banyak digunakan pada online shop. Untuk toko offline jarang menggunakan system ini.
 

2. Bisnis Reseller Modal Minim

Bisnis reseller
Reseller sebagai alternatif bisnis online modal minim. Gambar : www.bisnisonlinetanpamodal.net

Reseller hampir sama dengan dropship, tetapi kita harus stok barang. Jadi kita membeli produk milik orang lain dengan harga yang lebih murah dan menjualnya kembali dengan harga yang kita inginkan. Biasanya ada dua system untuk reseller, kita bayar dulu atau kita bayar nanti kalau barang sudah laku.

Kalau orang itu sudah percaya dengan kita, kita bisa mengadakan perjanjian uang bayar diakhir ketika barang sudah laku. Jadi kita bisa menjual tanpa modal. Bila memang perlu buatlah surat perjanjian untuk barang yang tidak laku atau cacat supaya bisa direturn. Cara berbisnis dengan modal yang minim ini perlu keahlian khusus untuk melakukannya.

3. Bisnis Jasa Sebagai Alternatif Terbaik

Penulis artikel, salah satu bisnis tanpa modal yang sangat menjanjikan. Gambar : caramemulaibisnis.info

Bisnis jasa bisa menjadi salah satu alternatif cara berbisnis tanpa modal terbaik. Salah satu bisnis jasa yang mudah adalah seperti menulis, perancang baju, fotografer atau makelar tanah atau rumah.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis tersebut. Misalnya penulis, Anda tinggal menyalurkan hobi Anda, Anda sudah dapat menghasilkan uang. Atau Anda bisa menjadi guru les privat anak-anak, minim modal tapi bisa menjadi bisnis yang besar.

Itulah beberapa alternatif untuk memulai bisnis dengan cara berbisnis tanpa modal. Sekarang Anda tidak usah bingung lagi untuk memulai bisnis. Jangan cuma berpikir bisnis harus dengan modal uang. Yang penting ada niat untuk memulai pasti akan jalan.

The power of kepepet, gunakan pepatah itu. Orang yang kepepet pasti akan menjadi lebih kreatif. Pikirkan memulai bisnis untuk membuat keluarga Anda bahagia. Dengan berbisnis Anda bisa membuat lapangan pekerjaan baru untuk orang-orang disekitar Anda. Semoga cara yang disebutkan diatas bisa menjadi tambahan motivasi dan inspirasi.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda