Teknologi Terbarukan Untuk Bisnis Yang Ramah Lingkungan

Siapa dari anda agan-agan yang hendak berbisnis atau sudah berbisnis? Pikiran anda pasti fokus pada bagaimana cara memulai bisnis, apa yang harus disiapkan dalam berbisnis bahkan produk atau jasa apa yang hendak dijadikan bisnis. Hal tersebut wajar bagi seorang pemula. Akan tetapi ada hal yang sering dilupakan oleh para pengusaha di negeri kita yaitu tentang dampak lingkungan.

Inilah yang membedakan kita dengan luar negeri seperti Jepang atau Jerman. Walaupun mereka negara industri yang maju namun mereka cukup memperhatikan dengan baik dampak lingkungan dari bisnis yang mereka bangun sehingga mereka mampu menciptakan bisnis yang ramah lingkungan di tengah persaingan global. Oleh karena itu teknologi untuk bisnis yang ramah lingkungan diperlukan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa merusak lingkungan di sekitar area pabrik.


Teknologi untuk bisnis yang ramah lingkungan dapat berupa berapa aspek di dalam sebuah unit produksi. Berikut teknologi yang dapat diterapkan dalam pabrik yang ramah lingkungan.

1. Penggunaan Mesin Produksi

Yang pertama adalah penggunaan mesin untuk proses produksi. Anda harus memperhatikan dampak keberadaan mesin dengan lingkungan di sekitar anda. Jika anda masih menggunakan solar sebagai bahan bakar mesin maka gantilah dengan bahan bakar gas atau listrik. Memang pada awalnya mahal tapi untuk kedepannya listrik dan gas jauh lebih hemat dan tidak berdampak pada keberlangsungan lingkungan hidup.

2. Pengolahan Limbah

Teknologi untuk bisnis yang ramah lingkungan juga dapat diwujudkan dengan adanya teknologi unit pengelolaan limbah dan polutan hasil sisa produksi. Misalnya jika satu pabrik bermesin solar menghasilkan produk buang berupa asap, maka sebaiknya gunakan teknologi meja berkas elektron untuk mengurangi emisi karbon yang terbuang di udara.

Khusus untuk limbah cair maka sebaiknya siapkan unit pengelolaan limbah berupa kolam pengendapan dan teknologi filtrasi air agar kandungan zat-zat berbahaya seperti logam dan merkuri tidak ikut terbuang ke aliran sungai.

Manfaat Yang Didapat

Manfaat teknologi untuk bisnis yang ramah lingkungan adalah berkurangnya emisi karbon ke udara yang dapat mempengaruhi lapisan ozon pelindung bumi. Mencegah limbah cair masuk ke sungai juga merupakan hal yang baik karena dapat menjaga kelestarian hayati sungai. Bisnis pun dapat berkembang dengan pesat dengan bersinergi dengan alam dan lingkungan hidup.

Jangan sampai karena kita sendiri yang merusak lingkungan maka anak cucu kita sudah tidak lagi berkesempatan menikmati bisnis yang kita rintis karena dunia sudah hancur karena kebodohan manusianya. Oleh karena itu teknologi untuk bisnis yang ramah lingkungan diperlukan. Teknologi untuk bisnis yang ramah lingkungan memang akan memakan lebih banyak biaya daripada tidak menggunakannya. Akan tetapi kita dapat berkontribusi dalam menjaga alam.

2 Responses to "Teknologi Terbarukan Untuk Bisnis Yang Ramah Lingkungan"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Teknologi Terbarukan Untuk Bisnis Yang Ramah Lingkungan " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete
  2. Bagi Anda yang memiliki usaha kuliner dan Anda perduli terhadap lingkungan sekitar. Sebaiknya Anda menggunakan Greenpack sebagai kemasan makanan Anda. Informasi lebih lanjut tentang Greenpack dapat Anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan artikel, dilarang sara dan saru ya gan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel